Deploy Server VPS di VULTR

VULTR merupakan provider cloud SSD VPS yang menggunakan teknologi virtualisasi KVM yang cukup digemari saat ini. Provider ini bisa menjadi alternatif bagi para pengguna Digital Ocean yang menginginkan spesifikasi yang lebih besar 2x lipat tapi dengan harga yang sama, lumayan kan buat menghemat pengeluaran. Untuk price list bisa di cek di link berikut https://www.vultr.com

Disini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya deploy server vps di VULTR. Caranya cukup mudah, kita tinggal pilih lokasi server, tipe OS dan spesifikasi server, dengan catatan kita sudah mempunyai deposit credit yang ada di account VULTR kita. Untuk deposit credit tersebut saya menggunakan Paypal dengan deposit awal sebesar $10.

 

Deploy Server

Sebelumnya kita login dulu ke halaman member area VULTR, kemudian untuk deploy server vps baru, klik tanda + yang ada di pojok kanan atas seperti pada gambar berikut:

Deploy Server VPS di VULTR

Pada halaman deploy akan tampil seperti berikut:

 

1. Server Location

Disini saya akan memilih lokasi server yang berada di Singapura, karena pertimbangan latency yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

 

2. Server Type

Scroll layar ke bagian bawah untuk memilih tipe OS yang akan digunakan, disini saya memilih Linux CentOS 64 bit karena saya terbiasa dengan OS tersebut. Kalau teman-teman lebih menyukai Ubuntu silahkan pilih Ubuntu versi 16.04 64bit atau memilih OS yang teman-teman kuasai

 

3. Server Size

Pilih spesifikasi server sesuai kebutuhan teman-teman. Karena server ini nanti hanya akan digunakan untuk uji coba installasi aplikasi-aplikasi standar server di Linux seperti Apache, MySQL, PHP dan aplikasi-aplikasi lain yang biasa digunakan untuk website, saya pun memilih server vps $5

 

4. Additional Features

Pada bagian ini kita dapat mengaktifkan fitur-fitur seperti IPv6, Auto Backups (Ada tambahan biaya sebesar $2/bulan), DDOS Protection (untuk lokasi Singapura saat ini belum tersedia), dan Private Networking (Biasanya dipakai untuk kebutuhan server yang memiliki fungsi masing-masing tetapi terkoneksi dengan jalur local atau private)

 

5. Startup Script

Pada bagian ini kita dapat menambahkan script yang nantinya akan dijalankan pada saat booting. Info lengkapnya ada di https://my.vultr.com/startup/

 

6. SSH Keys

Pada bagian ini kita dapat memasukkan key dari SSH kita agar dapat login ke server VPS tanpa harus mengetikkan password root (Passwordless). Tentu saja hal ini merupakan salah satu bagian dari keamanan akses SSH ke server.

 

7. Server Hostname & Label

Langkah terakhir pada tahap deploy server ini kita diminta untuk memasukkan nama hostname server VPS kita. Hostname disini bebas, saya sarankan menggunakan format FQDN (Fully Qualifed Domain Name) seperti pada gambar berikut:

Setelah tombol Deploy Now di klik, maka install installasi VPS akan dimulai dan kembali ke halaman awal member area VULTR. Disitu akan terlihat VPS yang baru kita deploy akan tertera dalam status Installing.

Kalau sudah selesai status akan berubah menjadi Running, seperti berikut:

Klik pada tulisan Manage untuk masuk ke informasi VPS tersebut

Sampai disini VPS sudah siap untuk digunakan dan biasanya dari pihak VULTR juga akan mengirimkan notifikasi via email bahwa VPS sudah aktif dan siap untuk digunakan.

 

Test Akses

Lakukan akses SSH ke server VPS yang baru saja kita deploy seperti berikut:

me@ontheroot:~$ ssh root@45.32.126.8
The authenticity of host '45.32.126.8 (45.32.126.8)' can't be established.
ECDSA key fingerprint is SHA256:BWaJXGtHGFP1cgekFqP99QmFwOPcF6sFkfiKCzBKzOo.
Are you sure you want to continue connecting (yes/no)? yes
Warning: Permanently added '45.32.126.8' (ECDSA) to the list of known hosts.
root@45.32.126.8's password: 
X11 forwarding request failed on channel 0
[root@sg1 ~]#

Berhasil, kita sudah menyelesaikan deploy server VPS baru di VULTR.

Sekian dan semoga informasi ini bermanfaat buat teman-teman.

1 thought on “Deploy Server VPS di VULTR”

  1. Pingback: Installasi VestaCP di Centos 7 - Kelola Server

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top